Pemetaan PLH Kelas 8 Semester 1 TP. 2013 – 2014

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Indikator

1. Merumuskan upaya

pemulihan lingkungan hidup

1.1.  Menjelaskan penataan

lingkungan hidup yang meliputi : keindahan,

kenyamanan, kebersihan dan kerindangan

Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.1.1      Menjelaskan konsep keindahan, kenyamanan, kebersihan dan kerindangan.

1.1.2     Menjelaskan contoh konsep keindahan, kenya-manan, kebersihan dan kerindangan.

Penerapan :

1.1.4  Melakukan upaya penataan lingkungan sekitar ( sekitar sekolah, sekolah dan kelas )

1.2. Menjelaskan pembibit-an, penanaman, pemeliharaan tamanan Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.2.1  Menjelaskan cara pembibitan, penanaman, pemeli-haraan berbagai jenis tanaman.

Penerapan :

1.2.4  Melakukan penanaman, pembibitan, pemeliharaan

tanaman di lingkungan sekitar dan sekolah.

1.3. Menerapkan penga-wasan lingkungan hidup. Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.3.3  Menjelaskan isi dari  undang-undang lingkungan hidup tahun 1982

Penerapan :

1.3.2  Melaksanakan pengawasan terhadap lingkungan di sekitar, di sekolah dan lingkungan umum.

1.4. Menjelaskan konsep sanitasi lingkungan Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.4.1  Mendefinisikan konsep sanitasi lingkungan

Penerapan :

1.4.3  Menerapkan sanitasi dalam kehidupan sehari-hari.

1.5. Melakukan upaya pencegahan penyebaran penaykit yang bersifat endemik. Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.5.1  Menjelaskan jenis-jenis penyakit yang bersifat endemik.

1.5.2  Menjelaskan upaya pencegahan penyebaran penya-kit yang bersifat endemik.

Penerapan :

1.5.3  Melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit yang bersifat endemik yang dapat dilakukan di lingkungan masing-masing

1.6. Melakukan upaya penanggulangan penyakit endemik. Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

1.6.1  Menjelaskan upaya penanggulangan penyakit ende-mik di lingkungan sekitar.

Penerapan :

1.6.3  Melakukan upaya penanggulangan penyakit ende-mik di lingkungan sekitar,  sekolah dan lingkungan umum.

2. Mengembangkan pengelolaan lingkungan hidup 2.1. Mencintai nilai pena-taan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan dan pengawasan kondisi lingkungan hidup. Penerapan :

2.1.1  Melakukan penataan, pemanfaatan dan pengem-bangan kondisi lingkungan sekitar.

2.1.2  Melakukan pemeliharaan dan pengawasan kondisi lingkungan sekitar, sekolah dan tempat umum.

2.2. Melakukan kegiatan pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan dan pemulihan lingkungan hidup di lingkungan sekitar,  sekolah, dan tempat umum. Penerapan :

2.2.1  Menciptakan RTH ( Ruang Terbuka Hijau ) di sekolah dan/atau di tempat tinggal.

3. Membiasakan diri dalam pengelolaan lingkungan hidup 3.1. Merencanakan kegiat-an pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, dan pemulihan lingkungan hidup. Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

3.1.1  Membuat rencana penghijauan di lingkungan sekolah, dan atau lingkungan sekitar.

Penerapan :

3.1.5  Memanfaatkan lahan kosong untuk penghijauan

3.2. Melakukan tindakan pencegahan pelanggaran aturan pengelolaan lingkungan hidup Pengetahuan Pemahaman Konsep ( PPK ) :

3.2.1  Membuat peraturan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah

Penerapan :

3.2.4    Menerapkan sanksi terhadap pelanggaran aturan pengelolaan lingkungan hidup di sekolah

Tentang goeskorn

Alhamdulillah pada tahun 2015 menjadi Dosen di Universitas Mataram, blog ini sekedar untuk belajar menuangkan gagasan yang mudah-mudahan bermanfaat juga bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di pengetahuan umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s