Zuhud

Zuhud : (Arab) darwis; pertapa dalam Islam; orang yang meninggalkan kehidupan duniawi, mempunyai sikap tidak terbelenggu oleh hidup kebendaan.

Orang yang memiliki sikap zuhud disebut zahid.

Hidup harus berusaha keras dan bekerja keras agar memilki kemampuan untuk selalu memberi pada orang lain dengan niat karena Allah SWT, baik itu harta maupun ilmu dan kemampuan, jangan sampai Zuhud dipakai alasan sebagai pembenaran untuk malas bekerja. Menurut Abdullah bin ‘Abbas… “Zuhud itu ada tiga hurufnya, yaitu huruf za, ha, dandal. huruf Za adalah Zaadun lilma’ad, artinya : bekal hari kemudian; huruf ha adalah Hudan liddin, artinya : petunjuk agama; huruf Dal adalah daamut thaat, artinya patuh. pada kesempatan lain beliau menjelaskan lagi bahwa : Zuhud itu terdiri dari 3 huruf, yaitu : Z, artinya : meninggalkan Ziinah (Perhiasan); H, artinya : meninggalkan hawa nafsu; D, artinya meninggalkan dunia.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Zuhud

Tentang goeskorn

Alhamdulillah pada tahun 2015 menjadi Dosen di Universitas Mataram, blog ini sekedar untuk belajar menuangkan gagasan yang mudah-mudahan bermanfaat juga bagi orang lain
Pos ini dipublikasikan di kelas 8 smstr 1 dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s