Standar Isi PAI Kelas 8 SMP

Kelas     VIII,  Semester 1

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Quran1.   Menerapkan hukum bacaaan Qalqalah  dan Ra. 1.1 Menjelaskan hukum bacaan Qalqalah dan Ra.1.2    Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat Al-Quran dengan benar.
Aqidah2.  Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah 2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah.2.2 Menyebutkan nama-nama Kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul.

2.3 Menampilkan sikap mencintai Al-Quran sebagai Kitab Allah.

Akhlak3. Membiasakan perilaku terpuji 3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.

3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.

4. Menghindari perilaku tercela 4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.

Fiqih5. Mengenal tatacara shalat sunnat 5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.5.2 Mempraktikkan shalat sunnat rawatib.
6. Memahami macam-macam sujud 6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

7.  Memahami tatacara puasa. 7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib.7.2 Mempraktikkan puasa wajib.

7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

8. Memahami zakat 8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.

8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.

8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan akat mal.

Tarikh dan Kebudayaan Islam9.   Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw. 9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.

 

 Kelas     VIII,  Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Al-Quran10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf 10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran.

10.3 mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran.

Aqidah11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah 11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.

11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.

Akhlak12. Membiasakan perilaku terpuji 12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.

12.3 Mempraktikkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.

13. Menghindari perilaku tercela. 13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.

13.3 Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.

Fiqih14. Memahami hukum Islam  tentang hewan sebagai sumber bahan makanan 14.1     Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.14.2     Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
Tarikh dan Kebudayaan Islam15.  Memahami sejarah dakwah Islam. 15.1     Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.15.2     Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
About these ads

Tentang goeskorn

Kelahiran cileunyi, bandung jawa barat, sekarang menjadi seorang pengajar di SMP Al-Hadi, SMK Al-Hadi, Madrasah Aliyah Al-Musdariyah, Madrasah Tsanawiyah Al-Hasan, Madrasah Diniyah Al-Barzakh, dan Privat
Tulisan ini dipublikasikan di kelas 8 semester 2, kelas 8 smstr 1, standar isi kelas 8 dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s